Selasa, 04 Juni 2013

Perubahan Suhu Bumi Tentukan Proses Pembentukan Awan


Perubahan Suhu Bumi Tentukan Proses Pembentukan Awan
Perubahan suhu bumi ternyata bisa menentukan proses pembentukan awan yang dimana membutuhkan media perantara berupa tanaman. Dalam penelitian yang dilakukan University of Helsinki, Finlandia terungkap suhu pada inti bumi yang mengalami peningkatan akan berdampak pada peningkatan konsentrasi aerosol alami yang memiliki efek pendingin untuk atmosfer.
Pauli Paasonen selaku peneliti dari University of Helsinki menjelaskan memanasnya suhu pada inti Bumi, akan mendorong tanaman melepas gas oksigen (O2) untuk membantu pembentukan awan sehingga dapat mendinginkan udara atmosfer. Adapun proses pembentukan awan diawali dengan tanaman yang melepas gas untuk dioksidasi di atmosfer. Selanjutnya, hasil dari oksidasi tersebut akan membentuk partikel aerosol yang juga menjadi dasar pembentukan awan untuk memantulkan sinar matahari.
Studi ini juga menunjukkan bahwa suhu hangat di Bumi salah satunya dipengaruhi proses pelepasan gas dan konsentrasi partikel aktif dalam pembentukan awan. Di mana tingkat emisi gas aerosol pada skala global hanya mampu melawan sekira satu persen dari pemanasan iklim.