Selasa, 04 Juni 2013

Komet Halley Melintasi Tata Surya Setelah 27 Tahun Lalu


Komet Halley Melintasi Tata Surya Setelah 27 Tahun Lalu
Komet halley diketahui telah melintasi tata surya kita pada tanggal 5 mei 2013 lalu. Dan fenomena melintasnya komet halley ke sistem tata surya kita terjadi setelah 27 tahun lalu tepatnya pada tahun 1986. Astronom menjelaskan jika komet halley akan kembali lagi pada tahun 2061. Selain itu komet ini akan selalu meninggalkan jejak debu yang dinamakan cosmic litter.
Menurut para astronom, cosmic litter bisa memunculkan dua fenomena hujan meteor di Bumi setiap tahun. Salah satu hujan meteor tersebut dinamakan Eta Aquarid, yang muncul setiap tahun di awal Mei. Hujan meteor ini terjadi karena orbit komet Halley berada pada posisi dekat orbit Bumi. Selain Eta Aquarid, komet Halley juga bisa memunculkan hujan meteor Orionid yang terjadi pada pertengahan Oktober.
Perbedaan posisi komet Halley selama bergerak mendekati Bumi ini mampu menghasilkan hujan meteor dengan waktu yang berbeda pula. Hujan meteor Eta Aquarid sendiri akan mengeluarkan sebanyak 55 sampai 60 kilatan meteor yang akan terlihat selama satu jam.